Manfaat Jahe untuk Kesehatan


manfaat jahe bagi kesehatan sebagai berikut:
1. Mencegah penyakit flu dan demam
Salah satu fungsi jahe adalah untuk meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Hal ini secara tidak langsung bertujuan untuk menghalau virus dan jamur penyebab flu, batuk dan demam. Selain itu, jahe juga bersifat antitoksin yang bermanfaat untuk mengeluarkan panas pada tubuh dalam bentuk keringat, sehingga demam dapat cepat sembuh.

2. Mencegah kanker
Manfaat jahe untuk kesehatan selanjutnya adalah mencegah penyakit kanker. Ada banyak kanker yang diteliti dapat dihadang oleh salah satu bumbu dapur ini, diantaranya adalah kanker ovarium dan kolorektal. Selain itu, dalam sebuah studi di University of Minnesotta, disebutkan bahwa jahe mampu memperlambat proses pertumbuhan sel-sel kanker kolorektal, usus besar, paru-paru, prostat, kulit, pankreas dan lainnya.

3. Mengurangi nyeri saat haid
Sifat lainnya yang ada pada tanaman herbal jahe adalah sifat anti-inflamasi serta pain killer (obat penghilang rasa sakit). Oleh sebab itu, Anda bisa menggunakan jamu jahe untuk mengurangi rasa sakit akibat datang bulan. Anda dapat membeli bubuk jahe untuk diseduh atau jahe kapsul yang biasanya dijual di apotek atau toko obat herbal. Olahan herbal jahe ini dapat dijadikan cara instan untuk menghilangkan nyeri dan kram akibat awal siklus menstruasi bulanan.

4. Mengatasi migrain
Migrain atau sakit kepala sebelah adalah satu lagi penyakit yang dapat disembuhkan oleh ramuan jahe. Hal ini ditunjukan oleh sebuah penelitian, dimana jahe ternyata mampu menghentikan prostaglandin serta peradangan pada pembuluh darah.

5. Mengatasi mual-mual
Jahe memiliki sifat yang mirip dengan vitamin B6. Sedangkan B6 sendiri diteliti mampu mengatasi mual-mual, termasuk saat masa kehamilan. Selain itu, jahe juga memiliki kemampuan untuk mengatasi sakit akibat morning sickness pada wanita hamil. Bagi para ibu hamil, jahe bisa dikonsumsi dengan cara dikunyah langsung. Selain itu, jahe juga bisa dicampurkan dengan cairan madu untuk menyamarkan rasa dari jahe itu sendiri.

6. Mengurangi nyeri akibat arthritis
Manfaat jahe untuk kesehatan lainnya adalah untuk mengurangi nyeri yang disebabkan arthritis. Hal tersebut karena sifat jahe sebagai anti-inflamasi yang dapat mengobati rasa sakit rhumatoid arthritis dan osteoarthritis, termasuk osteoarthritis pada lutut.

sumber: www.wongsehat.com
Manfaat Jahe untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: bimo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar